1

CARA MERAWAT KULIT YANG SENSITIF

Kamu perlu ketahui ini, apabila kulit wajah kamu terasa perih dan gatal setelah memakai make up dan skincare, serta sering kemerahan, bisa menandakan bahwa kamu mempunyai jenis kulit sensitif. Kulit jenis sensitif, biasanya sangat rentan mengalami iritasi, kering, terkelupas, bahkan bisa timbul beruntusan dan jerawat. Biasanya reaksi ini bisa terjadi saat kulit terpapar sinar matahari, panas-panasan, melakukan tindakan treatment tertentu, dan menggunakan kandungan skincare tertentu yang tidak bersahabat dengan kulit sensitif. Untuk itu kamu perlu hati-hati jika memiliki jenis kulit ini. Namun, setiap orang tentunya memiliki reaksi kulit yang berbeda-beda.

 

Faktor genetik juga biasanya dapat berpengaruh pada kulit sensitif. Jika ada anggota keluarga yang memiliki kulit sensitif, maka kondisi tersebut juga dapat menurun pada kamu. Karena kulit paling luar pria lebih tebal daripada wanita, hal ini membuat wanita paling banyak mengalami kulit sensitif dibandingkan pria. Maka dari itu kamu perlu memperhatikan bagaimana cara merawat kulit sensitif yang tepat. Berikut ini, Kezia Beauty Clinic akan membagikan cara-cara nya.

 

  1. Pilih produk untuk kulit yang memiliki tekstur lembut

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan menggunakan produk yang bersifat eksfoliasi. Hindari penggunaan sabun yang memiliki butiran-butiran scrub. Karena jika produk mu berkonstrasi tinggi dan berbahan dasar kasar, dapat mengelupas kulit mu dan menjadikan nya semakin tipis. Kondisi ini disebut Over-Eksfoliasi. Jika kamu mengalami over-eksfoliasi, maka skin barrier mu akan rusak dan memperparah kondisi kulit. Untuk itu, pilih lah produk yang berbahan lembut dan tidak tinggi konsentrasi nya.

 

  1. Menjaga Kelmbapan Kulit

 

Kulit yang sensitif, umumnya memiliki sel kulit yang tidak mampu menjaga kelembapan. Maka dari itu kebanyakan kulit sensitif cenderung kering. Ketika kulit sedang kering, maka akan bersifat lebih reaktif terhadap produk-produk tertentu. Maka dari itu, supaya kulitmu tidak reaktif, kamu harus mencegah kulit kekeringan. Rajin gunakan pelembab dan sering minum air putih minimal 2 liter perhari nya.

 

  1. Jangan Gunakan Bahan Iritatif

Alkohol, Paraben, Sulfat, Wewangian, Methylisothiazolinone, dan Pewarna merupakan jenis bahan yang iritatif. Sebaiknya kamu menghindari skincare yang memiliki bahan tersebut. Sebenarnya, bukan berarti bahan tersebut tidak aman. Hanya saja pemilik kulit sensitif cenderung tidak cocok menggunakan nya karena dapat menimbulkan reaksi.

 

  1. Selalu Gunakan Sunscreen

Kamu bisa mencari sunscreen yang di khususkan untuk pemilik kulit sensitif. Biasanya sunscreen ini memilik SPF 30 yang masih ramah terhadap kulit berjerawat. Jika kamu beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya kamu gunakan berulang 2 atau 3 jam sekali untuk memaksimalkan perlindungan.

 

  1. Mencoba Produk

Nah, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, bisa mencoba tips yang satu ini. Test lah produk yang kamu gunakan dengan mengoleskan nya di tangan, dan diamkan beberapa saat untuk melihat reaksinya. Apabila timbul tanda-tanda iritasi, berarti kamu tidak cocok dengan produk tersebut.

 

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu akan lebih tepat dalam merawat dan menangani kulit yang sensitive ya.